Pentingnya Manajemen Organisasi dalam Berwirausaha
Berwirausaha tentunya sangat penting untuk diri sendiri begitu juga untuk orang lain. Dalam berwirausaha dapat mewujudkan kemandirian karena dengan menjadi seorang entrepreneur semua aktivitas, baik hasil maupun resikonya ada di tangan Anda. Dapat juga menjadi sarana mewujudkan ide-ide ekstrem yang kita miliki dapat kita salurkan atau kita wujudkan dimana Anda selaku pelaku usaha tersebut dan dapat memperoleh kebebasan finansial karena mulai dari target, cara memperoleh, kapan, hingga seberapa banyak semuanya terserah Anda selaku pelaksananya.
Sedangkan untuk orang lain, Anda selaku entrepreneur dapat membuka lapangan kerja di tanah air ini, hal tersebut pastinya sangat penting dan berpengaruh dalam membantu perekonomian Indonesia. Namun dalam berwirausaha tentu selalu ada resiko baik dalam waktu, keuangan, ataupun hal lainnya dalam usaha, maka dari itu sangat penting peran manajemen organisasi dalam berwirausaha dan beberapa alasannya adalah sebagai berikut :
1. Seorang wirausaha membutuhkan pengaturan yang efektif dan efisien untuk menjalankan usahanya. Untuk mengolah yang ada didalam usahanya harus menggunakan prinsip manajemen. Jika tidak memakai prinsip menajemen maka perjalanan usaha dalam sistem pengelolaannya tersebut tidak bisa berjalan atau beroperasi dengan baik.
2. Dapat memudahkan pencapaian tujuan, baik tujuan organisasi maupun tujuan pribadi. Manajemen dibutuhkan untuk mencapai tujuan organisasi dan juga tujuan individu yang ada dalam organisasi tersebut. Semua bentuk organisasi dimana orang-orang bekerja bersama mencapai tujuan yang telah ditetapkan, membutuhkan manajemen. Manajemen diperlukan organisasi agar usaha pencapaian tujuan menjadi lebih mudah.
3. Untuk mengatur berbagai hal, seperti mengatur sumber daya dan waktu. Untuk itu ketika seorang wirausaha memiliki manajemen bisnis yang baik maka juga akan membawa dampak pada cara alokasi sumber daya dan waktu dengan baik pula. Selain itupun dapat menghindari adanya resiko mendapatkan kerugian dalam bisnis tersebut.
4. Selain itu juga agar menjaga keseimbangan antara tujuan tujuan yang saling bertentangan dan kegiatan kegiatan yang saling bertentangan dari pihak organisasi atau usaha seperti karyawan, pimpinan, pemerintah, masyarakat, dan lain sebagainya.
5. Dapat mengembangkan iklim kerja yang lebih baik, mengukur kinerja yang sebenarnya, menganalisa hasil, dan melakukan koreksi apabila diperlukan.
sumber gambar :
- https://www.hestanto.web.id/teori-manajemen-menurut-george-r-terry/
- https://www.ryerson.ca/news-events/news/2019/03/getting-started-as-a-ryerson-entrepreneur/
Komentar
Posting Komentar